Menyusun Bahan Ajar Sosiologi


MENYUSUN BAHAN AJAR SOSIOLOGI
A.      Pengertian
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus  dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci jenis-jenis  materi pembelajaran terdirti dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.

Arti Penting Bahan Ajar adalah:
1.      Di tinjau dari pihak guru; materi pembelajaran harus diajarkan dalam kegiatan pembelajaran
2.      Di tinjau dari pihak siswa: bahan ajar harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai dengan menggunakan instrument penilaian yang disusun berdasar indicator pencapaian belajar.

B.      Prinsip-Prinsip Pemilihan Bahan Ajar
1.      Relevansi (Keterkaitan)
Materi pembelajaran hendaknya relevan atau ada kaitan atau hubungannya dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar.
2.      Konsistensi (Keajegan)
Jika kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa empat macam, maka bahan ajar yang harus diajarkan juga harus meliputi empat macam.
3.      Kecukupan
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan.

C.      Langkah-Langkah Pemilihan Bahan Ajar
Sebelum melaksanakan pemilihan bahan ajar, terlebih dahulu perlu diketahui kriteria pemilihan bahan ajar. Kriteria pokok pemilihan bahan ajar atau meteri pembelajaran adalah standar kompetensi dan kompetensi dasar. Setelah diketahui kriteria pemilihan bahan ajar,  maka sampailah pada langkah-langkah pemilihan bahan ajar.
1.    Menegidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar
Setiap aspek standar kompetensi memerlukan materi pembelajaran atau bahan ajar yang berbeda-beda untuk membantu pencapaiannya
2.    Identifikasi jenis-jenis materi pembelajaran
Materi pembelajaran juga harus dapat dibedakan menjadi jenis materi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
a.       Materi jenis fakta adalah materi berupa nama-nama objek, nama tempat, nama orang, lambing, peristiwa sejarah, nama bagian atau komponen suatu benda, dsb.
b.      Materi konsep berupa pengertian, definisi, hakekat, inti isi
c.       Materi jenis prinsip berupa dalil, rumus, postulat adagium, paradigm, teorema
d.      Materi jenis prosedur berupa langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut, misal; langkah-langkah memasak, cara-cara pembuatan kue dsb.
e.       Materi pembelajaran aspek afektif; pemberian respon penerimaan (apresiasi), internalisasi, dan penilaian.
f.        Materi pembelajaran aspek motoric terdiri dari gerakan awal, semi rutin, dan rutin.

3.    Memilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar
Pilih jenis materi yang sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan. Perhatikan pula jumlah atau ruang lingkup yang cukup memadai sehingga mempermudah siswa dalam mencapai standar kompetensi.

4.    Memilih sumber bahan ajar
Materi pembelajaran dapat ditemukan dari berbagai sumber seperti buku pelajaran, majalah, jurnal, Koran, internet, media audiovisual, dsb.

Sumber: Dirjen. Manajemen Pendidikan Dasar & Menengah. 2006: Pedoman Memilih & Menyusun Bahan Ajar.