Perbedaan Iklim Organisasi Dengan Iklim Komunikasi

IKLIM ORGANISASI
            Menurut Payne dan Pugh, mendefenisikan iklim organisasi sebagai suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap, tingkah laku dan perasaan anggota terhadap suatu sistem sosial.
            Liwin dan Stringers, menyatakan bahwa dimensi iklim organisasi terdiri dari:
1.      Rasa tanggung jawab
2.      Standar atau harapan-harapan tentang kualitas pekerjaan
3.      Gajaran atau reward
4.      Rasa persaudaraan
5.      Semangat tim.

IKLIM KOMUNIKASI
            Ada hubungan yang sirkuler antara iklim organisasi dengan iklim komunikasi. Tingkah laku komunikasi mengarahkan pada perkembangan iklim, diantaranya iklim organisasi. Iklim organisasi dipengaruhi oleh bermacam-macam cara naggota organisasi bertingkah laku dan berkomunikasi.
            Iklim komunikasi yang penuh persaudaraan mendorong para anggota organisasi berkomunikasi secara terbuka, rileks, ramah tamah dengan anggota yang lain. Sedangkan iklim yang negatif menjadikan anggota tidak berani berkomunikasi secara terbuka dan penuh rasa persaudaraan.
            Menurut Redding, ada lima dimensi penting dari iklim komunikasi:
1.      Supportiveness, atau bawahan mengamati bahwa hubungan komunikasi mereka dengan atasan membantu mereka membangun dan menjaga perasaan diri berharga dan penting.
2.      Partisipasi membuat keputusan
3.      Kepercayaan, dapat dipercaya dan data menyimpan rahasia
4.      Keterbukaan dan keterusterangan
5.      Tujuan kinerja yang tinggi, pada tingkat mana tujuan kinerja dikomunikasikan dengan jelas kepada anggota organisasi.